ETS - Studi Kasus GoToko

Evaluasi Tengah Semester - Kelas A

Studi Kasus GoToko



  1. Jelaskan macam-macam kebutuhan yang harus digali di dalam membuat perangkat lunak!


Deskripsi :

Aplikasi GoToko adalah aplikasi yang  menyediakan layanan lengkap yang memudahkan pemilik warung dan toko kelontong untuk membeli barang-barang stok secara online. Manfaat yang bisa didapatkan pemilik warung yakni penghematan biaya hingga waktu. Selain mudah dalam mencari dan memesan berbagai macam produk konsumsi kemasan dari sejumlah merek ternama, harga produk di GoToko juga kompetitif dan transparan. Pengiriman barang pesanan pun hanya membutuhkan waktu 1 x 24 jam.


Kebutuhan fungsional :

Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan / requirement yang akan dapat dilakukan oleh sistem kita. Dengan kata lain, kebutuhan fungsional adalah deskripsi yang harus dimiliki oleh perangkat lunak dalam rangka menjalankan proses bisnis nya. 

Contoh dari kebutuhan fungsional adalah pada aplikasi GoToko adalah user dapat melakukan proses login serta membuat akun toko.


Kebutuhan non-fungsional :

Kebutuhan non-fungsional merupakan kebutuhan yang menggambarkan bagaimana sistem kita bekerja kedepannya. Ketika arsitek sedang merencanakan kebutuhan non fungsional perlu memperhatikan batasan dari sistem yang ada. Yang harus digali dalam kebutuhan non fungsional adalah :

  • Security

Kemampuan sistem untuk menjaga keamanan dari data-data pribadi baik milik user maupun provider.

  • Logging 

Kemampuan sistem untuk mencatat setiap permintaan dari user

  • Storage

Kemampuan sistem untuk menyimpan resource yang dibutuhkan seperti file asset

  • Performance

Kemampuan sistem untuk merespons permintaan user dengan optimal

  • Cost

Kemampuan sistem untuk menjalankan fungsionalitas dengan biaya yang optimal.

  • Interoperability

Kemampuan sistem untuk digunakan pada berbagai platform / device yang berbeda

  • Disaster recovery

Kemampuan sistem untuk beroperasi secara normal setelah adanya gangguan


  1. Sesuai gambaran video buatlah BRD GoToko!


Pendahuluan

Aplikasi GoToko adalah aplikasi yang  menyediakan layanan lengkap yang memudahkan pemilik warung dan toko kelontong (UMKM) untuk membeli barang-barang stok secara online.


Cakupan Proyek

  1. Pihak supplier mendaftarkan dan menyediakan barang-barang yang akan dijual ke user (pengusaha UMKM).

  2. Pihak user mendaftarkan akun sebagai pembeli barang.

  3. Integrasi pembayaran menggunakan e-wallet, bank, maupun debit/credit cards.

  4. Integrasi peta menggunakan Google Maps.

  5. Algoritma optimasi untuk iklan (pemasaran).


Kebutuhan Fungsional

  1. User dapat melakukan pendaftaran / register  akun miliknya

  2. User dapat melakukan proses login dan logout

  3. User dapat melihat list - list barang yang disediakan oleh supplier

  4. User dapat melihat informasi dari barang seperti deskripsi, stok, dll

  5. User dapat melakukan pemesanan barang

  6. User dapat melakukan pembatalan pemesanan barang


Kebutuhan Non Fungsional

  1. Security : Sistem menjamin keamanan data pribadi milik supplier maupun toko

  2. Logging : Sistem mencatat request yang dilakukan oleh user ke dalam suatu file

  3. Storage : Sistem menyimpan resource web ke dalam penyimpanan server

  4. Performance : Sistem dapat melayani kebutuhan user dengan kemampuan yang optimal

  5. Interoperability : Sistem dapat diakses oleh berbagai macam device seperti Android dan iOS

  6. Disaster Recovery : Sistem dapat digunakan jika terjadi kegagalan seperti dengan cara menyiapkan lebih dari 1 buah server


Laporan Keuangan: 

Uraian

Satuan

Waktu (hari)

Harga (Rp)

Total (Rp)

BIAYA LANGSUNG

Project Manager

1

14

700.000 

9.800.000

Senior System Analyst

1

4

400.000

1.600.000

Junior System Analyst

1

4

200.000

800.000

Web Designer

1

2

250.000

500.000

Senior IT Programmer

1

5

600.000 

3.000.000

Junior IT Programmer

1

5

200.000 

1.000.000

Quality Assurance

1

1

250.000 

250.000

Administrasi

1

3

150.000

450.000

Total Biaya

17.400.000


Timeline Proyek:

No

Deskripsi Tugas / Pekerjaan (Task)

November

Desember

24

25

26

27

28

29

30

1

2

3

4

5

6

7

8

1.1

Identifikasi masalah dan kebutuhan 
















1.2

Menyusun metodologi dan perencanaan proyek
















2.1

Membuat dokumen SKPL
















2.2

Membuat dokumen DPPL
















3.1

Membuat desain antarmuka website
















3.2

Menyusun dan menyerahkan laporan perkembangan desain website
















4.1

Membuat desain dan realisasi basis data
















4.2

Melakukan pengkodean dan develop sistem yang sudah direncanakan
















4.3

Mendeploy sistem ke hosting dan setup domain serta library
















4.4

Menyusun laporan perkembangan implementasi sistem
















5.1

Melakukan testing terhadap sistem yang sudah dibuat

















6.1

Menyusun laporan final
















 

  1. Buatlah video youtube untuk mempresentasikan jawaban anda!

 




Penulis:

Jason Andrew Gunawan - 05111940000085

 Adrian - 05111940000130

Rekayasa Kebutuhan A


Comments

Popular posts from this blog

Tugas Spesifikasi Kebutuhan PL

Studi Kasus PeduliLindungi

Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan A - Analisa Uber